Pages

Sabtu, 26 November 2011

Bisakah Blackberry diserang virus ?

Bisakah Blackberry diserang virus?
Anda pengguna Blackberry? Ya, saat ini anda boleh saja santai atau tidak perlu takut dengan yang namanya virus. Bisa dibilang virus untuk Blackberry masih jarang ditemukan malah bisa juga dibilang hamper tidak ada. Tapi bukan berarti Blackberry tidak bisa diserang virus. Blackberry bisa diserang virus. Para virusmaker local sepertinya masih lebih senang berkreasi membuat virus komputer disbanding virus hp, walaupun pengguna HP lebih banyak disbanding pengguna PC. Tapi suatu saat mereka akan beralih ke virus HP. Dan yang paling mereka incar adalah Blackberry.
Pernahkan anda membayangkan Blackberry anda diserang virus? Tentunya tidak pernah. Atau bahkan jangan-jangan anda menyangka Blackberry anda tidak mungkin diinfeksi virus. Eits, seperti yang saya katakana tadi Blackberry-lah yang justru paling diincar oleh virusmaker local nantinya.
Virus HP
Tentunya anda pernah mendengar virus-virus HP seperti CommWarior, lasco, Cabir, Mabir, Skulls, dan lainnya. Atau jangan-jangan salah satunya pernah menyerang HP lama anda? Ya, yang jelas anda juga harus perlu tahu mengenai virus HP.
Virus HP menyerang sistem operasi dan hanya bisa aktif di sistem operasi tertentu. Sebelumnya anda harus tahu membedakan sistem operasi komputer dengan HP. Komputer memiliki jenis sistem operasi yang bermacam-macam seperti Windows, Linux, Macintosh dan lain-lain. Begitu juga dengan HP. HP mempunyai sistem operasi seperti Symbian dan Windows mobile. Virus komuter tidak bisa menyerang semua komputer. Misalnya, virus Brontok yang menyerang OS Windows tidak bisa menyerang komputer yang bersistem operasi linux. Begitu juga dengan HP. Tapi awas jangan salah pengertian! Virus Brontok tidak bisa menyerang HP, karena Brontok tidak bisa aktif di sistem operasi Symbian. Tapi bukan berarti Brontok tidak bisa masuk ke HP anda. Brontok bisa masuk ke dalam media penyimpanan di HP anda (missal memory card) tapi tidak bisa menyerang HP anda. Si Brontok hanya berdiam sebagai file biasa saja. Kalaupun anda ingin mengeksekusi virus Brontok yang ada di HP anda tidak jadi masalah. Si Brontok tidak akan menyerang HP anda.
Bisakah Blackberry diserang virus?
Jawabannya bisa. Bagaimanapun selalu saja ada orang yang mampu menemukan celah kelemahannya. Tinggal tunggu waktu saja. Umumnya virus HP berekstensi ”.sis”. Dan ekstensi ini memang bisa dieksekusi di sistem operasi Symbian. Contoh-contoh virus Symbian ini seperti CommWarior.sis, Lasco.sis, Cabir.sis, dan lain-lain. Tapi ada hal lain yang menarik yang perlu anda ketahui. Setelah browsing di internet, saya menemukan dua file virus yang diduga bisa menyerang Blackberry anda. Kedua file itu saya temukan di salah satu blog lokal. Kedua file tersebut adalah ”D-v#1.sis” dan ”D-v#2.sis”. Belum diketahui apa nama virus itu dan apa efek yang diakibatkan virus itu, karena saya belum sempat mengeksekusi virus itu.
Pertanyaan penting mengenai kedua file virus itu adalah benarkah kedua file tersebut adalah virus Blackberry? Kesimpulan akhir yang perlu anda tarik adalah lindungi Blackberry anda!
Sekian. (Morphost News)

0 komentar:

Posting Komentar