Pages

Sabtu, 03 Desember 2011

Virus Dan Worm

Penjelasan kali ini diberi materi oleh informan antivirus Internasional. Yang Pasti dibahas tentang Virus Dan Worm. Jadi Klo Tidak jelas silahkan comment di buku tamu.

Virus dan worm adalah program berbahaya yang mereplikasi diri pada komputer atau melalui jaringan komputer tanpa pengguna menyadari; setiap salinan berikutnya dari program jahat tersebut<'2Fspan> juga mampu mereplikasi diri.

Program jahat yang menyebar melalui
jaringan atau menginfeksi mesin remote ketika diperintahkan untuk melakukannya oleh "pemilik" (misalnya Backdoors) atau program yang membuat beberapa salinan yang mampu mereplikasi diri bukan/bagian dari Virus dan Worms subclass.

Karakteristik utama yang digunakan untuk menentukan apakah atau tidak program diklasifikasikan sebagai perilaku yang terpisah dalam Virus dan Worms subclass adalah bagaimana menyebarkan program (yaitu bagaimana program berbahaya menyebar salinan dirinya melalui sumber daya lokal atau jaringan.)

Worm paling dikenal tersebar sebagai file dikirim sebagai lampiran email, melalui link ke sumber daya web atau FTP, melalui link yang dikirimkan dalam pesan ICQ atau IRC, melalui jaringan P2P file sharing dll

Beberapa Worm menyebar sebagai paket jaringan, ini langsung menembus memori komputer, dan kode worm ini kemudian diaktifkan.

Worm menggunakan teknik-teknik berikut untuk menembus komputer remote dan peluncuran salinan sendiri: rekayasa sosial (misalnya, pesan email menyarankan pengguna membuka file terlampir), memanfaakan kesalahan jaringan konfigurasi (seperti menyalin ke disk sepenuhnya dapat diakses), dan pemanfaatan celah dalam sistem operasi dan keamanan aplikasi.

Virus dapat dibagi sesuai dengan metode yang digunakan untuk menginfeksi :

     * File virus
     * Boot Sector Virus
     * Virus macro
     * Script virus

Setiap program dalam
subclass ini dapat memiliki fungsi Trojan tambahan.

Hal ini juga harus dicatat bahwa banyak Worm menggunakan lebih dari satu metode dalam rangka untuk menyebarkan salinan melalui jaringan. Aturan untuk mengklasifikasikan objek terdeteksi dengan beberapa fungsi harus digunakan untuk mengklasifikasikan jenis worm.

lanjutanya nanti :)
sekian....
copas boleh tapi bersumber ya.... :)

0 komentar:

Posting Komentar